Connect with us

9 Band Punk Terpopuler Sepanjang Masa di Indonesia

Musik

9 Band Punk Terpopuler Sepanjang Masa di Indonesia

[Total: 1    Average: 5/5]

Punk adalah salah satu genre musik yang paling diminati di Indonesia. Musik punk lebih mengutamakan pelampiasan energi dan curhatan hati daripada skill bermain musik. Musik punk juga sering digunakan untuk mengkritik kinerja pemerintah. Musik punk masuk ke Indonesia sekitar tahun 1990-an yang dipelopori oleh band Antiseptic. Aliran punk di Indoneisa tidak merepresentasikan Ideologi punk seperti yang ada di negara asalnya. Lirik – lirik musik punk di Indoneisa memiliki konteks yang berbeda dengan latar belakang masalah yang ada di Indonesia. Berikut merupakan band – band punk terpopuler di Indonesia.

1.Rocket Rockers

 

Band ini juga pelopor tumbuh kembangnya musik punk di Indonesia. Terbentuk pada tahun 1998 di Bandung , mereka kerap tampil pada pensi SMA dana acara festival. Saat ini mereka beranggotakan 5 orang, Al a.k.a Ucay (vokal), Lowp (gitar), Aska (gitar), Bisma (bass) dan Ozom (drum). Band yang sudah memiliki 4 album tersebut sudah sering membuat tour keliling Indonesia. Mereka merupakan salah satu band pop / punk terbaik di Indonesia.

 

2.Superman Is Dead

 

Berdiri sejak tahun 1995, Superman Is Dead atau yang lebih dikenal dengan sebutan SID sudah memiliki 7 album dan banyak penghargaan bergengsi. Band asal Bali ini juga salah satu pelopor tumbuh kembangnya musik punk di Indonesia. Band yang beranggotakan 3 orang ini ( Bobby, Eka, dan Jrx ) baru saja menyelesaikan tour nya di Pulau Sumatra beberapa bulan yang lalu bersama Endank Soekamti. Selain bermain musik , mereka juga menjadi aktivis yang sering mengkritik pemerintah sehingga , mereka jarang sekali tampil di acara on air karena mereka memiliki banyak masa yang kita kenal dengan sebutan Outsider dan Lady Rose.

 

3.Pee Wee Gaskins

 

Pee Wee Gaskins atau yang lebih dikenal dengan sebutan PWG memiliki ikatan dengan fansnya yang mereka sebut dengan Dorks. Hingga saat ini, formasi Pee Wee Gaskins yang belum mengalami perubahan mayor terdiri atas Dochi Sadega (Bass/Vocal), Sansan (Guitar/Vocal), Omo (Synth/Keys/Sample/Vocal), Aldy Kumis(Drum), dan Ayi (Guitar/Back Vocal). Mereka sudah memilki 7 album dan beberapa bulan yang lalu mereka merilis album ke-8 mereka yang berjudul Mixed Feelings yang digarap oleh Eric Soekamti. Sekarang mereka sudah berdamai dengan APWG (Anti Pee Wee Gaskins) yang menjadi momok ketika mereka tampil diatas panggung.

 

4.Endank Soekamti

 

Endank Soekamti beranggotakan tiga orang, yaitu Erix Soekamti selaku vokalis merangkap bassis, Dory Soekamti selaku gitaris dan ko-vokalis, serta Tony Soekamti selaku drummer. Terbentuk tahun 2001 , Endank Soekamti sempat dijuluki Raja Pensi karena seringnya mereka tampil dalam acara pensi sekolah. Vokalis mereka menjelaskan bahwa Endank Soekamti bukan merupakan band punk. Selama ini Endank Soekamti dikenal sebagai band punk rock karena anggapan yang muncul di masyarakat, bukan deklarasi dari pihak Endank Soekamti sendiri. Mereka juga baru saja menyelesaikan tour bersama Superman Is Dead di Pulau Sumatra.

 

5.Stand Here Alone

 

Tak diragukan lagi kepopuleran mereka, band yang beranggotakan 3 personil ini memang membuat para pecinta musik punk tertarik dan menjadi fansnya, jujur saja saya sangat menyukai Stand Here Alone karena lagu-lagu yang mereka bawakan sungguh keren dengan lirik-liriknya yang bermakna. Stand Here Alone merupakan band yang berasal dari kota kembang Bandung. Cara promosi album SHA terbilang extreme. SHA membagikan Cd album mereka secara cuma-cuma alias gratis kepada para penonton.

 

6.Closehead

 

Ya, siapa yang tak kenal dengan pelantun lagu “Berdiri Teman” dan “Heart of Pop” ini. Instrument yang sangat melodic dan harmonis, suara vokal yang sangat pas pembawaannya dan lirik yang sangat mudah di cerna juga memiliki makna hebat ini mampu menghipnotis setiap para penyuka aliran musik Pop Punk/Melodic Punk. Dibentuk pada tanggal 18 Januari 1997 , mereka terpengaruh oleh band punk luar negeri seperti Blink-182 , Not Available, MXPX dan lain – lain. Seiring berjalannya waktu, posisi terkini CloseHead terhitung mulai bulan Mei 2013 adalah Herdy (Gitar-Vocal), Matien (Gitar-Vocal), dan Ijan (Drum).

 

7.King Of Panda

 

24 juli 2008 awal terbentuknya KING OF PANDA , yang mempunyai arti King of panutan kawula muda, kita ingin menjadi raja dari para anak muda, dan nantinya akan menjadi panutan untuk mereka semua,tentunya untuk hal yang baik – baik. Band asal Bali ini memilih genre Pop Punk Hardcore. Sempat vacuum pada tahun 2010 , akhirnya pada pada tahun awal 2018 mereka merilis single terbaru mereka dan pada bulan Desember 2018 mereka merilis album terbaru mereka.

 

8.Danger Ranger

 

Band asal kota Bandung didirikan pada bulan April tahun 2008. Band ini terbilang cukup produktif, terbukti band yg baru terbentuk kurang lebih setahun lebih ini dengan semangat sekali merilis mini albumnya secara independent. Danger Ranger adalah sebuah band yang terdiri dari 6 pemuda bandung ,diantaranya  Iink (gitar/vocal), Aldy (bass/vocal), Wahdan (guitar), Fajar (drum), Salt (keyboard).

 

9.Rosemary

 

Rosemary adalah sebuah band punk yang didirikan oleh Indra Gatot pada tahun 1997. Band yang terkenal dengan hits diantaranya yang berjudul Miracle, Punk Rock Show, Supergirl (feat Gania) dan yang hits single yang terbaru Friends ini yang diponggawai oleh Indra Gatot : voc/gitaris, Ahonk : Drummer, Fajar : Bassis dan Ink : vok/gitaris ini telah banyak mempengaruhi jiwa para remaja khsusnya di Kota Bandung.

 

Sumber : https://poppunkindonesiaterbaik.blogspot.com

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Musik

To Top