Connect with us

9 Gempa Bumi Terdahsyat Sepanjang Sejarah , 2 Diantaranya Terjadi Di Indonesia

Lainnya

9 Gempa Bumi Terdahsyat Sepanjang Sejarah , 2 Diantaranya Terjadi Di Indonesia

[Total: 0    Average: 0/5]

Halo sahabat, tau nggak kalau gempa merupakan salah satu bencana alam yang dampaknya sangat besar? Bayangin aja, gempa bisa merusak bangunan atau bahkan meratakannya dengan tanah. Itu salah satu dampak langsung yang dirasakan. Saking dahsyatnya, gempa bumi juga bisa menyebabkan bencana-bancana alam yang lain ikut terjadi seperti longsor dan tsunami.

Berikut ini merupakan gempa bumi terdahsyat yang pernah tercatat dalam sejarah dunia.

1.Valdivia, Chile – 9.5 SR

Hasil gambar untuk gempa chile 1960

Gempa bumi terbesar yang pernah terjadi di dunia ini terjadi pada tanggal 22 Mei 1960. 1655 orang diperkirakan meninggal, 3000 lebih orang luka-luka dan membuat hampir 2 juta orang kehilangan tempat tinggal. Kerugian yang ditaksir akibat bencana ini diperkirakan senilai US$ 550 Juta Dolar Amerika Serikat!

Gempa ini menyebabkan tsunami yang sangat besar hingga negara Hawaii, Jepang dan Filipina terkena tsunami akibat gempa ini. Bisa bayangkan betapa dahsyatnya gempa ini.

2.Prince William Sound, Alaska – 9.2 SR

Hasil gambar untuk gempa prince william sound

Gempa bumi di negara bagian Amerika Serikat ini terjadi pada tanggal 28 Maret 1964. Tsunami juga terjadi akibat gempa ini, bahkan terasa hingga Hawaii dan menelan korban jiwa kurang lebih sebanyak 112 orang. Getaran atau guncangan dari gempa bumi ini diperkirakan berlangsung selama 3 menit lamanya!

3.Aceh (Sumatra), Indonesia – 9.1 SR

Hasil gambar untuk gempa aceh

Tentu kita ingat dengan duka yang menimpa Nangroe Aceh Darussalam pada tanggal 26 Desember 2004. Diperkirakan 227.900 orang meninggal dunia, 1.7 juta orang kehilangan tempat tinggal. Setidaknya 14 negara di Asia dan Afrika mengalami dampak dari gempa dan tsunami yang berasal dari selatan Banda Aceh. Semua negara di dunia berduka dan menggalakan amal ke gempa bumi untuk membangun kembali Aceh seperti sedia kala.

4.Sendai, Jepang – 9.0 SR

Hasil gambar untuk gempa sendai

Gempa ini terjadi pada tanggal 11 Maret 2011 lalu. Gempa ini cukup dahsyat menghantam kota Sendai. Banyak orang kehilangan tempat tinggal dan perekonomian di wilayah ini mati total. Bahkan banyak kota di sekitarnya yang menjadi lumpuh total akibat reaktor nuklir yang turut rusak di kota ini.

5.Kamchatka, Russia – 9.0 SR

Hasil gambar untuk gempa kamchatka

Gempa yang terjadi pada tanggal 4 November 1952 ini cukup menggegerkan dunia. Pasalnya, tsunami yang dihasilkan dari gempa bumi terasa hingga Hawaii dan menghasilkan ombak setinggi 9 meter! Dikabarkan tidak ada korban jiwa akibat gempa bumi ini. Dikabarkan kerugian akibat gempa ini lebih dari 1 juta dolar Amerika Serikat!

6.Bio-bio, Chile – 8.8 SR

Hasil gambar untuk gempa chile

Gempa bumi ini terjadi pada tanggal 27 Februari 2010 lalu. 521 orang meninggal, 56 orang hilang, 12.000 orang terluka, 800.000 orang kehilangan tempat tinggal dan 1,8 juta orang mengalami kerugian akibat gempa ini. Dikabarkan total kerugian dari bencana ini mencapai 30 juta Dolar Amerika Serikat! Hebatnya, tsunami ini bahkan terasa hingga California Amerika Serikat!

7.Pantai Ekuador – 8.8 SR

Hasil gambar untuk gempa pantai ekuador

Gempa yang terjadi pada tanggal 31 Januari 1906, memang terjadi hampir 1 abad yang lalu. Diperkirakan 500-1500 orang meninggal akibat gempa bumi yang juga menghasilkan tsunami. Tsunami akibat gempa ini bahkan terasa hingga San Francisco (Bagian barat Amerika Serikat), Jepang dan Hawaii!

8.Rat Islands, Alaska – 8.7 SR

Hasil gambar untuk gempa rat island

Lagi-lagi gempa terbesar di dunia ini terjadi di Alaska pada tanggal 2 April 1965. Akibat gempa ini, terjadi tsunami hingga ketinggian 10 meter dan mengakibatkan kerusakan hingga 10 ribu Dolar Amerika Serikat. Dikabarkan tidak ada korban jiwa akibat gempa ini.

9.Nias (Sumatra Utara), Indonesia – 8.6 SR

Hasil gambar untuk gempa nias

Setahun selang gempa dan tsunami di Aceh, pada tanggal 28 Maret 2005 terjadi lagi salah satu gempa bumi terbesar di dunia. 1313 orang dikabarkan meninggal dunia dan 400 orang terluka akibat gempa bumi ini. Gempa bumi ini juga menghasilkan tsunami yang terasa hingga Sri Lanka. Padahal, alat pendeteksi gempa sudah ada di sekitar lokasi ini yang juga salah satu wilayah yang terkena dampak tsunami Aceh pada 2004 lalu.

Sumber : today.line.me

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top