Connect with us

9 Jenis Olahraga untuk Meningkatkan Konsentrasi

Olahraga

9 Jenis Olahraga untuk Meningkatkan Konsentrasi

[Total: 0    Average: 0/5]

Jika Anda mengalami kesulitan untuk fokus saat berbicara dengan temana atau saat belajar, maka ada kemungkinan Anda mengalami kesusahan dalam berkonsentrasi. Penyebab dari kesulitan konsentrasi ini cukup beragam, di antaranya kelelahan, minimalnya asupan gizi pada tubuh dan faktor lain yang jarang diperhatika, kurangnya olahraga.

Olahraga memiliki peranan penting yang tidak hanya untuk meningkatkan kebugaran fisik namun juga penting untuk kesehatan otak agar otaka dapat bekerja dengan optimal. Peningkatan kinerja otak untuk memperbaiki konsentrasi tidak hanya dapat ditempuh dengan olahraga fisik, ada juga kegiatan berupa olahraga otak yang berupa senam otak maupun permainan.

Bila dibandingkan dengan olahraga fisik, olahraga otak cenderung lebih mudah dilakukan karena tidak membutuhkan tempat atau peralatan yang khusus. Selain itu, olahraga otak juga dapat dilakukan di mana saja dan sepanjang hidup kita karena tidak dibatasi kemampuan fisik yang berhubungan dengan usia.

Manfaat Olahraga untuk Otak

Manfaat olahraga otak maupun olahraga fisik penunjang kesehatan otak mungkin memang terlihat sepele namun penting sekali bagi otak. Selain berfungsi untuk rileksasi dan rekreasi, olahraga otak dapat membuat otak kembali fresh sehingga dapat bekerja dengan maksimal. Olahraga otak akan membuat orang berpikir, menganalisis, melatih kecerdasan emosional, mencegah kepikunan, serta menumbuhkan.

Berikut ini adalah jenis-jenis olahraga untuk meningkatkan konsentrasi otak yang perlu dilakukan secara rutin.

1. Catur

Catur tidak hanya sekedar permainan untuk mengisi waktu luang, tapi juga termasuk olahraga penunjang otak. Selain itu mengistirahatkan otak dari rutinitas sehari-hari, permainan catur dapat menstimulasi otak agar otak memiliki kinerja yang optimal. Dengan catur, otak dapat terlatih untuk menganilisi, berpikir mendalam, mengembangkan kecerdasan emosional,menambah memori, meningkatkan kemampuan membaca dan yang terpenting dapat mencegah pikun. Bahkan catur berfungsi untuk mencerdaskan kedua sisi otak, otak kiri dan otak kanan. Selain itu catur juga dapat melatih disiplin, konsistensi, pengarsipan, dan menghitung cepat.

2. Bridge

Memiliki karakter permainan yang hampir sama dengan catur, bridge juga bermanfaat untuk meningkatkan konsetrasi otak. Terlebih jika kita tipe orang yang tidak rapi dan terencana. Salah satu olahraga otak ini mampu melatih kemampuan manajerial dan kesabaran.

Bridge merupakan bentuk permainan yang mengimplementasi berbagai ilmu, misalnya seperti matematika, psikologi, dan manajemen. Sehingga dalam permainan ini terdapat pelatihan manajemen, melatih kesabaran, bersikap sopan santun, berkomunikasi, keterbukaan, dan bersikap jujur.

3. Lari

Lari merupakan olahraga yang paling mudah dan murah, karena bisa dilakukan kapan saja dan minim dengan peralatan pendukung. Untuk yang ingin meningkatkan konsentrasi saat ujian, ada baiknya beberapa hari atau bahkan beberapa bulan sebelum ujian memulai rutinitas lari. Hal ini dikarenakan lari memiliki manfaat lain selain konsentrasi, yaitu untuk menjaga kebugaran tubuh dan menghilangkan stress. Selain itu, otak juga memerlukan olahraga untuk memelihara kesehatan agar dapat bekerja dengan maksimal. Diyakini bahwa kemampuan konsentrasi dapat meningkat dengan melakukan aktivitas olahraga yang rutin dan teratur.

Menurut sebuah penelitian dilakukan oleh Brene S, dari Department of Neurosciences, Karolinska Institutet, Swedia, antidepressant terbentuk dari olahraga lari memiliki kemampuan untuk meningkatkan pertumbuhan sel dalam hippocampus. Area ini merupakan wilayah di dalam otak yang memiliki tanggung jawab dalam proses belajar dan kinerja memori.

4. Jalan kaki

Memiliki fungsi yang hampir sama dengan lari, jalan kaki merupakan salah satu alternative olahraga untuk otak. Berjalan kaki dapat meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan otak, terlebih jika kita lakukan secara rutin setiap pagi. Minimal jalan kaki dilakukan selama 15-30 menit dalam sehari.

5. Sepeda

Bersepeda merupakan olahraga yang menyenangkan bagi hampir setiap orang. Selain dapat dilakukan dengan santai bersama teman, terbukti bahwa bersepeda dapat membantu mengurangi stress.

Baca Juga : 9 Cara Olahraga Otak

6. Panahan

Panahan memang olahraga yang jarang dilakukan oleh orang dan kurang populer. Salah satu kemungkinannya adalah peralatan panahan yang mahal sehingga membutuhkan dana lebih. Namun, hal ini sebanding dengan manfaat yang akan didapat saat melakukan panahan. Saat memanah, setiap orang membutuhkan konsentrasi lebih untuk membidik ke sasaran yang tepat. Sehingga konsentrasi ini akan memiliki efek langsung pada pengembangan otak dan peningkatan konsentrasi.

7. Billiard

Olahraga dengan konsentrasi penuh juga bisa didapat dari billiard. Billiard adalah salah satu olahraga yang tidak banyak menguras tenaga namun memang membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi. Hal ini disebabkan kebutuhan konsentrasi dan strategi yang matang untuk memasukkan bola billiard di dalam lubang dengan tepat dan pas.

8. Golf

Strategii untuk memasukkan bola dengan tepat juga dibutuhkan oleh olahraga golf. Pun juga merupakan olahraga yang membutuhkan konsentrasi lebih. Olahraga ini membutuhkan perlengkapan bola golf dan tongkat sebagai alat pemukul bola, di mana dapat dimainkan di dalam atau di luar ruangan, tergantung situasi dan keinginan. Daya konsentrasi dan kerja otak yang tinggi sangat berperan dalam olahraga ini dengan tujuan untuk memasukkan bola golf di dalam lubang yang jaraknya jauh atau dengan bentuk lapangan yang bervariasi.

9. Basket

Memasukkan bola ke dalam keranjang ini cukup menantang untuk dilakukan, karena selain membutuhkan stamina yang baik, juga membutuhkan konsetrasi yang tinggi. Selain itu, berlari sambil melakukan dribble plus melakukan shoot akan membuat pemain belajar untuk fokus melakukan beberapa aktivitas sekaligus. Oleh karena itu, kesinambungan gerakan fisik dan konsentrasi pada permainan basket akan sangat baik bagi perkembangan otak.

 

 

sumber : https://gurupenjaskes.com

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Olahraga

To Top