Connect with us

9 Jenis Sambal Indonesia

Budaya

9 Jenis Sambal Indonesia

[Total: 0    Average: 0/5]

Indoneisa identik dengan masakan pedas ,untuk orang-orang yang memiliki lidah asli Indonesia, pasti makanan terasa kurang lengkap kalau tidak pakai sambal. Sambal ini seperti pelengkap hampir semua masakan yang tidak bisa dipisahkan dari orang Indonesia. Rasa pedas dari sambal ini terkadang menciptakan sensasi pedas yang bikin ketagihan, bukan?ini 9 sambal khas indonesia.

1. Sambal Cabe Ijo

Yang satu ini sih hampir semua orang kenal, kan? Terutama yang sering makan masakan padang. Sambal ini memiliki rasa yang khas dan juga tidak begitu pedas. Makanya, sangat cocok buat masakan padang bersantan.

Bahan yang kamu butuhkan untuk membuat sambal ini gak banyak kok, kamu cuma perlu menyiapkan cabai hijau, tomat hijau, bawang merah, bawang putih, dan garam.

 

2. Sambal Bawang

Sambal ini walaupun basic namun sangat digemari oleh pencinta sambal karena rasanya yang cukup pedas. Sambal ini agak menjadikan bawang merah dan putih sebagai ciri khas utamanya yang justru makin membuat nikmat dan pedas.

Rasa bawang putih yang kuat akan semakin membuat rasa pedasnya keluar, sementara rasa bawang merah yang kuat akan menambah semakin sedap sambal ini.

 

3. Sambal Bajak

Kalau bukan penikmat pedas yang profesional, anda bisa coba sambal yang satu ini nih. Sambal bajak punya rasa pedas manis, sehingga cocok bagi yang kurang kuat dengan pedas. Sambal ini bisa ditemukan di warung makan terutama daerah Jawa Tengah sebagai teman makan gorengan.

Untuk membuatnya tidak perlu repot kok, kamu cukup menumis cabai merah, bawang merah dan tomat merah sampai layu. Kalau sudah, kamu ulek deh sama terasi, garam dan gula merah.

 

4. Sambal Matah

Sambal matah ini beda tipis sama sambal dabu-dabu, bedanya sambal matah yang segar ini asalnya dari Bali. Kenapa beda tipis? Karena sambal ini sama-sama disajikan mentah tanpa harus diulek atau ditumis. Bedanya dengan sambal dabu-dabu yaitu penggunaan serai di sambal matah yang bikin sambal ini punya aroma khas tersendiri.

 

5. Sambal Terasi

Ini dia nih, favoritnya semua orang. Sambal yang paling cocok menemani setiap hidangan anda! Sambal ini punya rasanya segar dengan aroma yang bikin semua orang tergoda untuk mencicipinya. Rasa dan bau terasi yang khas bikin sambal ini makin enak dan jadi favorit. Ada dua pilihan untuk sambal terasi ini, bisa sambal matang atau sambal mentah.

 

6.Sambal Kecap

Yang ini pasti sudah eksis banget nih. Sambal ini pasti tersedia di hampir semua restoran. Rasanya yang pedas-manis bikin kita ketagihan. Sambal kecap ini juga punya rasa yang segar karena bahan-bahan yang fresh tanpa perlu digoreng.

Mau membuatnya? Sangat mudah, hanya perlu  bawang merah, cabai merah, cabai hijau, lalu tambahin kecap manis, deh. Sambal kecap yang enak siap menemani ikan atau ayam bakar kamu. Bahkan menu sederhana seperti tempe mendoan pun kurang lengkap tanpanya!

 

7. Sambal Petai

Yang satu ini belum tentu semua orang suka, tapi banyak punya fans sendiri. Siapa lagi kalau bukan penggemar petai. Kalau kamu penggemar petai, pasti ini salah satu pendamping makanan ternikmat untuk kamu. Sekali makan, pasti gak bisa berhenti.

 

8. Sambal Roa

Sambal ini temennya sambal dabu-dabu nih, andalannya orang Manado. Sambal dengan perpaduan suwiran daging ikan roa panggang yang dihaluskan kemudian dicampur tumisan bumbu khas, juga ditambah pelengkap bahan lainnya, membuat sambal yang satu ini spesial banget.

 

9. Sambal Tomat

Sambal ini sebenarnya mirip banget sama sambal bajak, cara membuatnya pun sama. Bedanya, sambal ini punya rasa yang lebih segar dan gurih dibanding sambal bajak.

 

sumber : https://resepkoki.id/aneka-jenis-sambal-khas-nusantara/

 

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Budaya

To Top