Connect with us

9 Kopi Termahal Yang Pernah Ada Di Dunia. Kira – Kira Gimana Ya Rasanya?

Lainnya

9 Kopi Termahal Yang Pernah Ada Di Dunia. Kira – Kira Gimana Ya Rasanya?

9 Kopi Termahal Yang Pernah Ada Di Dunia. Kira – Kira Gimana Ya Rasanya?

[Total: 1    Average: 5/5]

Nah temen – temen, siapa diantara kalian semua yang bisa dibilang “penggemar kopi”? Nah pas banget nih, kali ini kami akan membahas artikel tetang kopi. Pastinya kalian sudah tak asing dengan yang namanya kopi luwak. Kopi ini sudah sangat – sangat terkenal karena terbuatnya dari bahan yang unik yaitu kotoran luwak. Karena keunikannya itu kopi ini dihargai dengan harga yang fantastis. Nah ngomong – ngomong tentang harga kopi, kali ini kami akan membahas tentang 9 kopi yang paling mahal/termahal yang pernah ada di dunia menurut Nawa Dunia.

1. Kopi Black Ivory (Rp28 juta perkilogram)

Image result for ivory black coffee

Status kopi termahal di dunia jatuh pada Black Ivory Coffee yang berasal dari Thailand Utara. Bagaimana tidak? Di tahun 2019 ini, harga satu kilogram bijih kopi Black Ivory saja bisa mencapai Rp28 juta! Secara teknis, pengolahan kopi ini mirip seperti kopi luwak, hanya saja Black Ivory Coffee dicerna dalam perut gajah.

Buah tanaman kopi yang dimakan gajah akan dicerna dalam waktu sekitar 20-72 jam sebelum keluar dalam bentuk feses. Rasa pahitnya akan jauh berkurang, karena proses fermentasi dan pencampuran protein dalam sistem pencernaan gajah.

Pendiri Black Ivory Coffee Company Ltd. membutuhkan waktu 10 tahun untuk menyempurnakan olahan kopi tersebut. Selain itu, produksinya yang tak bisa massal menjadi salah satu faktor kenapa harganya sangat tinggi. Bayangkan, 33 kilogram buah kopi yang dimakan gajah hanya menghasilkan sekitar satu kilogram bijih kopi. Maka dari itu, tak salah jika harga kopi ini begitu mahal.

2. Kopi Finca El Injerto (Rp6,7 juta perkilogram)

Image result for Finca El Injerto coffee

Finca El Injerto merupakan kopi Arabica dengan jenis biji kopi langka Bourbon yang tumbuh subur di ketinggian 1.500 hingga 1.900 meter diatas permukaan laut. Kopi berjenis Arabica ini diproduksi oleh sebuah perkebunan kopi El Injerto yang berlokasi di Guatemala. Kata “Injerto” berasal dari nama buah asli lokal yang tumbuh disekitar perkebunan kopi tersebut.

Terletak di Dataran Tinggi Huehuetenango, perkebunan kopi El Injerto sudah ada sejak tahun 1874. Perkebunan kopi ini memiliki jenis tanah non vulkanik yang kaya akan mineral dengan curah hujan mencapai 1600 milimeter per tahun yang membuatnya sangat cocok untuk menghasilkan biji kopi berkualitas tinggi.

Yang membuat kopi Finca El Injerti ini spesial adalah proses roastingnya yang menggunakan mesin roaster kopi berkualitas tinggi Diedrich IR-24 yang dilengkapi pembakar infrared. Itulah yang membuat harga satu kilogram kopi ini sangat mahal, yaitu bisa mencapai Rp6,7 juta.

3. Kopi Geisha Hacienda La Esmeralda (Rp4,4 juta perkilogram)

Image result for Geisha Hacienda La Esmeralda coffee

Kopi Geisha Hacienda La Esmeralda telah menjadi pemenang banyak penghargaan tempat pertama dalam berbagai kompetisi kopi dalam beberapa tahun terakhir. Kopi ini berasal dari Panama di salah satu perkebunan kopi terkenal, yaitu Hacienda La Esmeralda. Biji kopi geisha terkenal dengan ciri aromanya yang khas beraroma bunga serta tingkat keasaman yang lembut. Untuk harga, biji kopi ini perkilogramnya dihargai sekitar Rp4,4 juta.

4. Kopi Luwak (Rp2,2 juta perkilogram)

Image result for Luwak coffee

Kopi luwak sempat dinobatkan sebagai kopi paling mahal di dunia, yang rata-rata dibanderol mulai dari harga Rp2,2 juta! Sesuai namanya, luwak turut berkontribusi dalam proses pengolahan.

Bijih kopi pilihan dengan kualitas terbaik yang dimakan luwak akan mengalami proses pencernaan di dalam perut selama 24 jam, sebelum bijihnya keluar melalui feses. Selanjutnya kopi dibersihkan, dikeringkan, dan diproses lanjutan hingga layak dikemas.

Baca Juga : 9 Bandara Termegah Dan Termewah Di Dunia

5. Kopi Saint Helena (Rp2,1 juta perkilogram)

Image result for Saint Helena coffee

Kopi ini ditanam di Pulau St. Helena dan Napoleon Bonaparte sendiri adalah penggemar beratnya. Sejak saat itu kopi ini menjadi sangat populer. Pulau St. Helena terletak sekitar 1.200 mil jauhnya dari pantai barat Afrika, di pusat Samudera Atlantik. Inilah sebabnya biaya transportasi sangat tinggi dan ini secara alami juga memengaruhi label harganya.

Namun, mereka yang mencintai kopi ini harus siap untuk membayar harga tinggi seperti minumannya karena menawarkan rasa karamel yang indah, berkualitas tinggi, dengan sentuhan jeruk yang ringan. Harga perkilogram dari kopi ini adalah sekitar Rp2,1 juta.

6. Kopi Jamaican Blue Mountain (Rp1,7 juta perkilogram)

Image result for Jamaican Blue Mountain coffee

Kopi Jamaican Blue Mountain tergolong kopi yang langka di dunia. Kopi ini di produksi di wilayah Blue Mountain, Jamaika yang terletak di antara Kingston dan Port Antonio yang memi

Biji kopi ditanam pada ketinggian 7500 kaki yang memiliki curah hujan tinggi sehingga biji kopi yang dihasilkan memiliki kualitas yang tinggi.

Hal yang membuat kopi ini dengan harga yang mahal, yaitu sekitar Rp 1,7 juta perkilogramnya adalah buah kopi ini memerlukan waktu matang lebih lama dibandingkan jenis buah kopi lainnya, serta proses panen hingga produksi masih dilakukan secara tradisional dan handmade.

Fakta unik dari kopi ini adalah 80% hasil produksi kopi Jamaican Blue Mountain ini diekspor ke Jepang, sedangkan 20% sisanya diekspor keseluruh dunia.

7. Kopi Los Planes (Rp1 juta perkilogram)

Image result for Los Planes coffee

Kopi Los Planes kerap menyabet penghargaan bergengsi, salah satunya “Cup of Exellence Award” sebagai bijih kopi terbaik dunia. Gak heran kalau harganya cukup tinggi, yakni sekitar Rp1 juta per kilogram.

Kopi ini punya karakteristik yang unik, tergantung tingkat roasting-nya. Bijih medium-roasted  dominan akan terasa lebih nutty dan creamy. Sedangkan, bijih deep-roasted didominasi aroma campuran blackcurrent, cokelat, dan gula merah.

8. Kopi Fazenda Santa Ines (Rp675 ribu perkilogram)

Image result for Fazenda Santa Ines coffee

Kopi Fazenda Santa Ines berasal dari pegunungan Mantiquera yang berada di wilayah Minas Gerais, Brazil. Ciri khas kopi ini adalah memiliki aroma buah yang menyegarkan seperti Cokelat, kacang Praline dan raspberry dengan tingkat keasaman yang rendah. Kopi berjenis Bourbon kuning ini diproses secara alami dengan menjemur biji kopi hingga kering diatas teras yang disinari matahari. Kopi ini dibanderol dengan harga sekitar Rp675 ribu rupiah.

9. Kopi Starbucks Quadriginoctuple Frap (Rp638 ribu per cup)

Image result for Starbucks Quadriginoctuple Frap coffee

Kopi ini adalah kopi Starbuck termahal yang pernah ditawarkan. Alasan mengapa sangat mahal adalah karena diproduksi hanya dalam jumlah terbatas dan memiliki banyak bahan beraroma seperti,Java Chip Frappuccino dalam 1 cangkir Trenta, 16 shot espresso, satu shot susu kedelai, bumbu karamel, pisang, strawberry, kacang vanili, bubuk matcha, bubuk protein, dan bubuk karamel dan moka. Harga kopi ini adalah sekitar Rp638 ribu per cupnya. Tapi sayangnya, kopi ini tidak di jual di Indonesia.

Sumber :

– https://raffapedia.com/1614/selain-kopi-luwak-inilah-10-kopi-paling-mahal-di-dunia/

– https://lifestyle.okezone.com/read/2018/06/16/298/1910889/10-kopi-termahal-di-dunia-1-kg-harganya-bisa-capai-rp13-5-juta?

– https://www.idntimes.com/food/dining-guide/putriana-cahya/inilah-10-kopi-paling-mahal-di-dunia-harganya-bikin-pusing/full

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top