Connect with us

9 Logam Terlangka Di Dunia , Harganya Bisa Ratusan Juta

Lainnya

9 Logam Terlangka Di Dunia , Harganya Bisa Ratusan Juta

[Total: 0    Average: 0/5]

Besi bukanlah hal yang langka di dunia. Kamu melihatnya digunakan sebagai bahan fondasi bangunan, meja dan kebutuhan hidup sehari-hari lainnya. Sebagai logam, keberadaannya sangat membantu kehidupan kita.

Namun tahukah kamu jika saudara besi ini ada yang sangat langka hingga sangat mahal harganya? Orang-orang bahkan rela berburu mencarinya untuk menghasilkan sejumlah uang. Berikut ini adalah logam-logam terlangka yang ada di dunia hingga harganya mencapai ratusan juta hanya untuk bagian kecilnya.

1. Platinum

Hasil gambar untuk foto platinum hd

Logam yang non-reaktif. Itu membuat platinum tahan terhadap korosi dan berbagai efek kimia lainnya. Selain itu platinum daya ketahanan panas yang tinggi. Dalam penggunaannya, platinum sering digunakan sebagai katalis penelitian. Harganya mencapai Rp.700.000 / gram.

2. Emas

Hasil gambar untuk emas

Dalam dunia ekonomi dan finansial, emas adalah material yang bagus untuk investasi karena sering digunakan untuk bahan baku perhiasan. Dikatakan sudah lebih dari 188 ribu ton emas yang telah ditambang dan itu membuat emas menjadi semakin langka. Hargnaya mencapai Rp.750.000 / gram.

3. Helium-3

Ini 10 Logam Terlangka di Dunia, Harganya Bisa sampai Ratusan Juta!

Helium-3 adalah logam yang menarik perhatian para peneliti karena bisa digunakan untuk pengembangan tenaga nuklir. Logam ini hanya tercipta dari alam dan tidak ada yang lain. Alasan itulah yang menjadikan Helium-3 langka. Harganya mencapai 28-juta / gram.

4. Beryl merah

Hasil gambar untuk batu beryl merah

Beryl merah sangat langka sampai-sampai penambangannya hanya ada di beberapa tempat di dunia. Kuat, tapi lebih lembut dari berlian. Harganya mencapai Rp.140 juta / gram.

5. Plutonium

Hasil gambar untuk plutonium

Reputasinya di masyarakat cukup jelek karena dinilai sebagai logam yang mencemarkan radioaktif. Namun bagi para peneliti, plutonium sangat berharga. Plutonium sering dipakai untuk baterai reaktor nuklir serta bahan bakar satelit. Harganya mencapai Rp.150 juta / gram.

6. Tritium

Hasil gambar untuk tritium

Logam ini mudah dikenali. Jika tanganmu menyala dalam kegelapan, kamu memiliki sedikit reaksi dari radioaktif tritium. Tritium merupakan salah satu komponen kunci bom hidrogen. Tapi santai. Walaupun ada sisi radioaktifnya, tapi tritium tidak mampu mempengaruhi kesehatan seseorang terkecuali terhirup atau tertelan. Harganya mencapai Rp.420 juta / gram.

7. Berlian

Hasil gambar untuk berlian

Salah satu logam paling keras di dunia. Ketahanannya membuat berlian sangat dihargai sebagai materi industri, seperti bor gigi. Harga sebuah berlian dinilai dari warna, kejernihan, potongan dan berat karat. Harganya mencapai Rp.2,9 M / gram.

8. Califormium

Hasil gambar untuk californium

Materi radioaktif buatan manusia yang tercipta akibat banyaknya campuran kimia yang diberikan partikel alfa. Califormium dipercaya bisa menyembuhkan kanker dan mendeteksi emas serta perak dari minyak. Califormium juga bisa didapatkan lewat serpihan bintang yang meledak di luar angkasa sana. Harganya mencapai Rp.378 M / gram.

9. Antimaterial

Hasil gambar untuk anti material logam

Antimaterial sangat susah dibuat. Para peneliti bahkan memerlukan akselerator partikel terbesar di dunia hanya untuk membuat sepermiliar gram untuk membuat logam ini. Di ilmu kesehatan, logam ini dipercaya bisa menyembuhkan tumor hingga kanker. Beberapa orang juga percaya jika antimateri merupakan kunci pembentukan alam semesta. Harganya mencapai  $USD 100 triliun / gram.

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top