Connect with us

9 Strategi Pemasaran agar Bisnis Sukses

Ekonomi

9 Strategi Pemasaran agar Bisnis Sukses

[Total: 2    Average: 3/5]

Nawadunia.com – Dalam menjalankan bisnis strategi pemasaran produk menjadi salah satu faktor penting yang perlu Anda perhatikan. Strategi pemasaran bisa menjadi faktor pembeda yang akan menentukan sukses atau tidaknya bisnis Anda. Dengan menggunakan strategi pemasaran bisnis yang tepat, kesempatan Anda untuk memiliki sebuah bisnis yang sukses terbuka semakin lebar. Berikut adalah strategi pemasaran bisnis yang patut Anda ikuti.

1. Kenali Pelanggan

Hasil gambar untuk pelanggan

Hal terpenting yang harus Anda lakukan untuk untuk mempromosikan bisnis Anda adalah mengenali pelanggan Anda sedekat mungkin sehingga Anda tahu apa yang pelanggan Anda inginkan dari produk yang Anda tawarkan. Untuk memudahkan proses mengenali pelanggan, Anda dapat mengelompokkan pelanggan Anda berdasarkan umur.

Anda juga dapat mengelompokkan pelanggan Anda berdasarkan pekerjaan dan latar belakang pendidikan pelangan. Setelah mengelopokkan pelanggan dalam beberapa kelompok, Anda perlu mencari tahu apa saja yang dibutuhkan pelanggan-pelanggan Anda dalam tiap kelompok. Dengan demikia, Anda dapat menarik kesimpulan tentang apa yang dibutuhkan pelanggan Anda dari tiap kelompok dan merancang produk yang Anda tawarkan agar bisa memenuhi kebutuhan pelanggan.

2. Lakukan Promosi Produk

Hasil gambar untuk promosi produk

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan dalam memasarkan produk Anda adalah dengan melakukan promosi produk. Sediakan waktu yang cukup untuk mempromosikan produk Anda. Promosi produk ini sangat penting, terutama untuk mengenalkan produk baru yang Anda produksi dan menarik pelanggan untuk memebeli produk-produk Anda yang lain.

Usahakan promosi produk yang Anda lakukan merupakan usaha yang konsisten dan terus-menerus sehingga para pelanggan akan terus meminati produk Anda. Ada banyak jenis promosi yang bisa Anda lakukan seperti memasang iklan di media cetak dan elektronik, mengirimkan pesan kepada pelanggan Anda, juga promosi word to mouth (WOM) atau mulut ke mulut. Anda juga harus membuat promosi ini unik dan menarik sehingga bisa bersaing dengan produk kompetitor Anda.

Baca Juga :  9 Keterampilan Untuk Mengembangkan Bisnis

3. Ketahui Tujuan Anda

Hasil gambar untuk tujuan bisnis

Dalam memasarkan dan mempromosikan produk Anda, Anda harus memiliki tujuan yang jelas. Promosi yang Anda lakukan seharusnya bukanlah hanya sebagai promosi saja, tetapi juga memiliki tujuan lain yang sama pentingnya seperti melakukan promosi brand awareness, berinterksi dengan konsumen, serta sebagai sarana komunikasi.

Strategi bisnis brand awareness sangatlah penting dan akan memberikan dampak sangat baik bagi produk-produk yang Anda produksi. Dengan melalukan promosi brand awareness, pelanggan bisa mengetahui dan menyadari bahwa produk Anda ada dan merupakan salah satu produk terbaik yang bisa mereka pilih di antara produk-produk sejenis yang beredar.

4. Manfaatkan Pemasaran Internet

Hasil gambar untuk manfaat pemasaran online

Dewasa ini, strategi pemasaran melalu internet atau internet marketing sangatlah penting dan dapat menunjang penjualan produk Anda. Berinteraksi dengan pelanggan lewat internet juga akan memudahkan Anda untuk mengetahui lebih jauh apa yang diinginkan pelanggan Anda dari produk yang Anda buat.

Strategi pemasaran internet juga bisa dianggap strategi pemasaran yang murah jika dibandingkan dengan teknik pemasaran lainnya. Ada banyak strategi pemasaran internet yang bisa Anda lakukan seperti memanfaatkan akunakun media sosial dan juga memanfaatkan pencarian mesin pencari atau SEO. Jika Anda dapat melakukan dua strategi pemasaran internet ini dengan baik, bisnis dan produk Anda bisa dikenal oleh kalangan konsumen yang lebih luas dan kesempatan Anda memiliki sebuha bisnis yang sukses akan terbuka lebar.

5. Pilih Lokasi Strategis

Hasil gambar untuk lokasi strategis

Selain melakukan pemasaran dan promosi produk lewat internet, Anda juga harus memilih lokasi bisnis yang strategis Pastikan lokasi Anda memulai bisnis harus sesuai dengan tujuan Anda membuka usaha Anda. Tempat ramai di mana banyak orang berlalu lalang merupakan salah satu pilihan favorit para pemilik bisnis untuk membuka bisnis mereka.

Namun demikian, lokasi strategis tidak harus merupakan tempat yang ramai. Lokasi strategis lebih condong kepada mendukung perkembangan bisnis Anda di lokasi yang tepat, sesuai dengan tujuan bisnis Anda. Contohnya, jika Anda ingin membuka toko baju, aksesoris, ataupun toko roti, maka tempat ramai orang merupakan pilihan yang tepat. Tetapi jika Anda ingin membuka sebuah café di mana orang bisa santai dan rileks, tempat yang tenang mungkin akan lebih baik.

6. Jalin Hubungan dengan Konsumen

Hasil gambar untuk hubungan dengan konsumen

Hal penting lain yang harus Anda perhatikan sebagai strategi pemasaran bisnis Anda adalah menjalin hubungan yang baik dengan konsumen. Slogan “Konsumen adalah Raja” mungkin terdengar agak ekstrim bagi Anda, tetai ini merupakan pernyataan yang tepat.

Tanpa konsumen bisnis Anda tidak akan berjalan dengan baik, karena itulah Anda harus memperlakukan konsumen Anda dengan sebaik-baiknya. Untuk menjalin hubungan baik dengan konsumen, Anda harus berkomuniksi dan menghubungi mereka, baik itu untuk meminta kritik dan saran untuk produk yang telah mereka beli atau untuk memberi kabar promosi terbaru yang Anda lakukan.

7. Perluas Relasi

Hasil gambar untuk perluas relasi

Memperluas relasi bisnis Anda tidak kalah pentingya sebagai strategi pemasaran bisnis Anda. Semakin banyak relasi bisnis yang Anda miliki, semakin besar pula kesempatan Anda untuk memperluas bisnis Anda. Banyak pemilik bisnis yang mengabaikan hubungan baik mereka dengan pemilik bisnis lain. Akibatnya, bisnis mereka sulit berkembang, menjadi redup, dan kemudian terpaksa gulung tikar. Degan memiliki banyak relasi dan menjaga hubungan baik dengan relasi bisnis Anda, Anda dapat dengan mudah memperoleh informasi bisnis melalui relasi bisnis Anda. Anda juga dapat dengan mudah mengajukan proposal kerja sama yang akan menguntungkan bisnis Anda dan bisnis relasi Anda.

8. Ukur Pencapaian

Hasil gambar untuk pencapaian

Memasang target dan mengukur pencapaian juga merupakan hal yang sangat penting dalam menyusun startegi pemasaran bisnis Anda. Dengan memasang target untuk bisnis Anda, Anda dapat melihat bisnis Anda berkembang dengan lebih nyata. Mengukur pencapaian bisnis Anda juga akan membantu dalam menentukan strategi pemasaran dan perluasan bisnis yang akan Anda lakukan berikutnya.

Mengukur pencapaian bisnis ini juga merupakan sebuah evaluasi terhadap apa yang telah Anda lakukan dalam mengembangkan bisnis Anda selama ini dan menentukan di mana letak kekurangan dan kelebihan bisnis Anda agar dapat diperbaiki. Misalnya saja dalam sebuah kegiatan promosi. Pasanglah target dan langkahlangkah yang dapat Anda lakukan untuk mencapai target tersebut. Setelah kegiatan selesai, ukurlah pencapaian kegiatan promosi Anda dan evaluasi langkah-langkah yang Anda lakukan selama proses promosi berlangsung.

9. Berpikir Out of The Box

Hasil gambar untuk out of the box

Dalam aturan usaha berpikir di luar kotak memang bisa diandalkan. Dalam berpikir dengan cara ini adalah berpikir dengan menggunakan perspektif yang baru di luar masalah yang ada.

Bisa di contohkan dalam usaha, strateginya tidak berfokus pada penurunan harga untuk memenuhi persaingan, tapi memberi nilai tambah untuk meningkatkan penggalaman pelanggan itu sendiri (value added). Misal jika Anda berjualan bakso, Anda bisa melakukan diferensisasi dalam hal produk, seperti: bakso gepeng, bakso ikan, bakso goreng , dsb. Atau bisa juga melakukan pemasaran dengan paket bakso beserta minuman agar memudahkan pelanggan Anda dalam memilih. Dalam strategi pemasaran Nordstrom mengungkapkan ‘Berfokus Anda pada kualitas pengalaman pelanggan dan bukan pada harganya yang sangat efektif’. (nas)

Sumber : Smartbisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Ekonomi

To Top