Connect with us

9 Tahap membuat website Bagi Pemula

Teknologi

9 Tahap membuat website Bagi Pemula

[Total: 0    Average: 0/5]

Pastinya ada banyak pertanyaan yang muncul di pikiran setiap orang yang ingin membuat website, dan salah satunya adalah bagaimana cara membuat website? Jika berbicara soal pembuatan website, terdapat sejumlah hal mendasar yang harus Anda ketahui karena nantinya akan menentukan arah dan perkembangan dari proyek yang akan anda buat. Karena itulah, sangat penting bagi Anda, bahkan siapa pun, untuk membuat rencana yang matang dan tak lupa pula mempelajari serta memahami setiap opsi yang tersedia.

Sebelumnya, mari mencari tau apa itu hosting dan domain? Sebelum membuat website, ada baiknya jika anda mempersiapkan Hosting dan Domain. Bila anda bingung dengan istilah di atas, mungkin anda akan lebih mengerti dengan istilah rumah dan jalan. Hosting ibaratkan rumah, dimana kamu menaruh semua perabotan anda. Sedangkan domain sendiri ibarat alamat, dimana pengunjung bisa tahu rumah anda ada dimana.

Untungnya, jaman sekarang hampir semua penyedia layanan website udah menyediakan paket lengkap, hosting serta domain sudah menjadi satu, sehingga jika memesan hosting satu, maka akan mendapat gratis domain. Namun, untuk hosting gratis, anda tidak akan dapat domain, melainkan subdomain (embel-embel dibelakang alamat contoh blogspot.com , wordpress.com dan sebagainya).

1. Mulai memikirkan tema web

Memikirkan tema web lebih kepada tujuan Anda membuat website. Misalnya, untuk tujuan informasi berupa berita terkini di masyarakat. Sebaiknya website Anda nanti hanya terfokus pada berita tentang masyarakat. Hindari juga pembuatan website untuk tujuan mengumbar berita hoax daripada nantinya Anda kena sanksi hukum. Akan tetapi jika Anda telah menentukan tujuan dan target pembuatan web ini untuk model menjual produk atau toko online Anda bisa menyuguhkan tampilan portfolio perusahaan, company profile hingga produk yang tengah dipasarkan.

2. Membuat konsep dan fitur

Berdasar pada target dan tujuan pembuatan website selanjutnya, pikirkan juga konsep dan fitur yang sesuai. Anda bisa tentukan ini dengan browsing atau mencari referensi-referensi pada website sejenis yang sama seperti bisnis Anda. Selain itu, Anda bisa langsung lakukan konsultasi dengan layanan pembuat web yang akan Anda gunakan.

3. Mulai memikirkan nama domain dan Membeli Server/hosting

Setelah punya tema website Anda bisa mulai membuat nama domain perusahaan. Usahakan yang namanya pendek dan mudah diingat. Satu hal lagi adalah nama website ini terkait dengan tema web dimana jika temanya mengenai berita masyarakat maka, pilih yang terkait soal berita. Sebagai contoh jika Anda membuat web toko online dengan nama domain hendaknya dapat merepresentasikan dari bisnis, nama usaha atau brand. Kunjungi situs penyedia layanan hosting. Ada banyak sebenarnya situs penyedia layanan hosting di indonesia. nawadunia.com akan membantu anda menemukan yang terbaik, manganese ragu untuk menghubungi kami.

4. Membuat tampilan grafis

Tampilan grafis atau template adalah tampilan website yang menggunakan bahasa program CSS, HTML dan jQuery. Anda bisa memilih template yang paling memiliki tampilan interaktif. Mintalah jasa pembuatan website untuk membuat template yang paling bagus dan loading dengan cepat agar lebih disukai para pengunjung.

5. Membuat CMS atau sistem website

Apabila template website telah berhasil dibuat selanjutnya, buat CMS atau system website diantaranya database, memakai bahasa pemograman semisal, PHP, ASP, dan lain sebagainya. ada banyak pilihan CMS yang bisa Anda gunakan salah satunya adalah CMS WordPress yang merupakan salah satu CMS yang paling banyak digunakan oleh orang untuk membuat website mereka.

6. Upload ke server

Setelah pembuatan website selesai dibangun oleh jasa layanan pembuat, kini giliran Anda untuk mencoba dan mengupload ke server. Melalui cara ini berarti Anda telah melakukan uji coba apakah website dapat diakses menggunakan internet atau belum. pastikan dalam hal ini anda mempunyai server hosting yang cocok untuk website anda, jangan sampai Anda mempunyai trafik yang besar memilih paket hosting yang rendah karena kebutuhannya yang tidak cocok.

7. Selalu unggah konten dengan judul dan kalimat yang menarik

Setelah berhasil membuat website Anda harus bisa meraih minat baca warga net. Buat judul yang membuat orang semakin penasaran dan gunakanlah berbagai kalimat yang sangat menarik sehingga pembaca tak akan mudah merasa bosan. Dalam pembuatan website ini adalah bagian yang terpenting supaya warga net suka hingga menjadi fans.

8. Sediakan layanan atau kontak yang terhubung

Pada waktu web selesai dibuat jangan sampai lupa untuk menyediakan kontak yang mudah dihubungi. Misalnya mencantumkan alamat email atau nomor WA. Kontak merupakan hal yang wajib supaya kapan saja orang butuh menghubungi pemilik website bisa langsung berkomunikasi. Terutama untuk website toko online.

9. Selalu update

Jika memilih website sendiri pastikan hal yang satu ini tidak pernah lupa. Anda harus selalu update. Ini untuk menghindari kebosanan para pengunjung dan juga jangan sampai website Anda ditinggalkan oleh para fans. Selalu membuat inovasi baru sehingga orang yang berkunjung tidak akan bosan jika ingin mengujungi konten yang anda sediakan.
Itulah cara yang benar tahapan membuat website yang dapat digunakan untuk siapa saja serta tujuan apa saja. memiliki website sendiri Anda dapat lebih aktif dengan memberikan informasi yang berguna untuk warga net, yang terpenting Anda harus up to date dan kreatif. Semakin kreatif Anda membuat website maka, akan banyak orang yang akan berkunjung.

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
Dunia Nawa

Administrator of nawadunia.com, Work with happy face in nawadwipa.co.id.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Teknologi

To Top