Connect with us

Gak Perlu Personal Trainer , Ini Dia 9 Aplikasi Untuk Membantumu Hidup Sehat

Teknologi

Gak Perlu Personal Trainer , Ini Dia 9 Aplikasi Untuk Membantumu Hidup Sehat

[Total: 0    Average: 0/5]

Sebagai pekerja kantoran, sudah biasa rasanya dilanda stres pekerjaan sehari-hari. Belum lagi jam tidur yang tidak pernah cukup. Begitu banyak waktu yang terbuang di depan layar smartphone. Untungnya, perangkat ini juga bisa digunakan untuk mempromosikan hidup sehat. Banyak aplikasi smartphone tersedia di luar sana yang menargetkan setiap aspek dari gaya hidup sehat. Jika Anda tidak menemukan motivasi untuk nge-gym, ada aplikasi yang akan mendenda Anda setiap kali Anda bolos latihan. Jika Anda tidak bisa menentukan sereal mana yang lebih sehat, ada aplikasi yang bisa menyempitkan pilihan Anda.

Dapatkah Anda hidup sehat tanpa bantuan gadget? Tentu saja. Tapi, mengapa tidak memanfaatkan bantuan ekstra yang mudah diakses dan digunakan. Sepuluh aplikasi ini bisa membantu Anda melacak dan meningkatkan kualitas kesehatan pribadi Anda.

1. Couch To 5K

Gambar terkait

Aplikasi ini cocok untuk Anda yang tidak doyan lari tapi ingin memulai. Couch To 5K akan membantu Anda dengan rencana latihan lari bertahap selama sembilan minggu untuk mempersiapkan Anda dengan jarak yang lebih panjang: 5 kilometer.

Tahapan rencananya fleksibel, Anda boleh bergantian antara jalan santai dan jogging sebelum benar-benar beralih ke latihan yang lebih membakar kalori. Satu kali sesi latihan tidak membutuhkan banyak waktu (20-30 menit dan hanya butuh diselesaikan tiga kali per minggu) dan membolehkan Anda beristirahat satu-dua hari, bahkan lebih, sebelum melanjutkan kembali.

Untuk membantu meningkatkan motivasi, apps ini menyediakan fitur pelatih virtual, hasil tracksheet, dan built-in music player yang bisa Anda jadikan teman saat lari.

2. Sworkit

Hasil gambar untuk sworkit app

Lima menit olahraga lebih baik daripada tidak sama sekali, inilah prinsip yang ingin ditanamkan oleh Sworkit. Apps ini memiliki 160 jenis latihan fisik yang didemontrasikan oleh personal trainer profesional. Anda bisa memulai latihan berdasarkan bagian-bagian tubuh yang ingin Anda bentuk, dan pilih durasi waktu latihan yang bisa disesuaikan dengan jadwal rutinitas Anda. Dengan Sworkit, tidak ada alasan lagi untuk bolos latihan karena tidak ada waktu.

Apps ini berbayar, namun Anda bisa mengunduh versi gratisnya. Bedanya, versi berbayar menyediakan jenis latihan yang lebih beragam, membantu Anda merancang dan memodifikasi jenis latihan yang sesuai dengan keinginan Anda, dan menyimpan rekor latihan Anda.

3. Zipongo

Hasil gambar untuk zipongo app

Zipongo membantu Anda memelihara pola makan dengan merancang rencana makan per minggu dan menyediakan beragam jenis resep masakan sehat yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda hingga kecenderungan alergi yang Anda idap.

Zipongo adalah hasil rancangan dokter di Boston Medical Center bekerja sama dengan Fitness Forward untuk memberikan orang-orang akses yang lebih mudah dan terjangkau terhadap pola makan dan gaya hidup sehat.

4. Lumosity Mobile

Hasil gambar untuk lumosity app

Lumosity adalah apps yang dirancang oleh neurologis sebagai alat bantu latihan guna meningkatkan kemampuan kognitif Anda. Lumosity menggunakan sejumlah permainan sederhana namun menantang untuk melatih setiap bagian dari otak Anda. Selain itu, Anda bisa memodifikasi tingkat kesulitan dan melacak riwayat perkembangan otak Anda selama bermain Lumosity.

Apps ini berbayar, namun Anda bisa mengunduh versi gratisnya.

5. Drugs.com

Hasil gambar untuk drugs.com

Drugs.com menyediakan informasi lengkap dan terpercaya seputar obat-obatan.

Anda bisa membuat daftar obat-obatan yang sedang Anda konsumsi dan menerima informasi medis yang terkait dengan obat-obatan tersebut. Fitur search membolehkan Anda untuk melacak satu dari sekian banyak janis obat yang terdaftar di database drugs.com. Anda juga bisa mengidentifikasi obat-obatan yang Anda rasa tidak familiar dengan memasukkan jenis, bentuk, atau warna dari obat tersebut.

6. Breathe2Relax

Hasil gambar untuk breathe2relax app

Breathe2Relax adalah apps yang didesain untuk manajemen stres. Apps ini membolehkan penggunanya untuk menjalankan latihan pernapasan untuk mengurangi stres, menstabilkan mood, mengontrol amarah, dan mengendalikan kecemasan.

Apps ini bisa digunakan mandiri sebagai solusi stres Anda sehari-hari atau sebagai kombinasi dengan terapi dari dokter.

7. SAM : Self Help for Anxiety Management

Hasil gambar untuk SAM : Self Help for Anxiety Management

SAM adalah apps yang dirancang untuk membantu penggunanya mengelola kecemasan mereka. Pengguna dapar memasukkan rekaman tingkat kecemasan mereka dan mengidentifikasi pemicu yang berbeda. Apps ini meliputi 25 pilihan cara self-help yang membantu penggunanya beradaptasi dengan tanda dan gejala fisik maupun mental dari kecemasan tersebut. Pengguna SAM dapat memodifikasi profil pribadi mereka dan mengizinkan mereka untuk berbagi cerita secara anonim dengan pengguna SAM lainnya.

8. Moves

Hasil gambar untuk moves app

Moves adalah apps yang berfungsi sebagai pengingat dan pencatat rekor jarak perjalanan yang Anda buat setiap hari dari berjalan kaki, naik-turun tangga, hingga bersepeda.

Move juga akan menghitung kalori yang Anda bakar dan dimunculkan dalam grafik sederhana yang mudah dimengerti. Rute perjalanan Anda juga bisa Anda rekam dan masukkan ke dalam peta.

9. Calm

Hasil gambar untuk calm app

Calm memiliki fitur program tujuh hari yang dirancang untuk membantu Anda tidur lebih baik. Apps ini menargetkan aspek yang berbeda dari tidur yang bisa ditingkatkan oleh bantuan meditasi. Fitur “Calm” dalam apss ini memfokuskan diri pada pemikiran positif dan postur meditasi, sedangkan fitur “Sleep” didesain khusus untuk Anda yang membutuhkan bantuan untuk menenangkan diri.

Calm juga memiliki fitur musik relaksasi yang dipadukan dengan gambar-gambar pemandangan indah. Fitur timer akan membangunkan Anda dengan suara alarm yang tidak akan mengagetkan Anda.

Sumber : www.hellosehat.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Teknologi

To Top