SEO seperti kata kunci yang banyak dibicarakan akhir-akhir ini. Bagi mereka yang tertarik dengan dunia komunikasi pemasaran, periklanan, blogging, bahkan humas 'tradisional', saat ini mereka 'terpaksa' membiasakan diri dengan jargon ini. Jadi apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari "optimasi mesin pencari". Seperti namanya, SEO pada dasarnya adalah cara Anda menggunakan mesin pencari – seperti Google atau Bing – seefektif dan seoptimal mungkin. SEMrush mengatakan bahwa mesin pencari memiliki fungsi pengindeksan, di mana ia mencantumkan file atau halaman apa pun yang diunggah ke internet, menggunakan tautan yang beredar. Kedua, juga memiliki fungsi menjawab, yaitu memberikan jawaban atas kata kunci yang kita ketik di mesin pencari. Jawaban yang diberikan tidak sembarangan, tetapi berdasarkan 2 aspek: relevansi (seberapa 'terhubungnya' suatu halaman dengan apa yang kita cari) dan pentingnya (seberapa penting halaman tersebut). Nah, aspek kedua inilah yang sering 'bermain' para praktisi SEO.

Pengguna internet umumnya ingin halaman mereka menjadi populer, atau setidaknya, mudah ditemukan. Hal yang sering dijadikan patokan biasanya 'peringkat' di mesin pencari. Apakah halaman di halaman pertama atau hanya di halaman kelima? Jika dia ada di halaman pertama, apakah dia berdiri di atas? (ini adalah impian setiap Jasa SEO) Atau dia di tempat kedua, atau bahkan di bawah?

Di sinilah SEO menjadi penting bagi merek, figur, dan bisnis lain yang menggunakan Internet sebagai alat pemasaran utama mereka. Ketika sebuah halaman memiliki aspek relevansi dan kepentingan (atau popularitas) yang kuat, maka halaman tersebut akan sangat mudah ditemukan oleh pengguna internet yang mencari hal-hal terkait.

Di era keterhubungan ini, jika Anda tidak berada di web, pada dasarnya Anda tidak ada. Bahkan jika Anda sudah berada di web, Anda masih harus bersaing dengan halaman lain yang ingin menarik perhatian audiens (yang bisa menjadi klien potensial Anda). Jika Anda bekerja di bidang media, komunikasi, dan periklanan, ini bukan pertanyaan lagi. Tapi ini tidak kalah pentingnya (sebenarnya, semakin penting) bagi siapa pun atau merek apa pun saat ini, karena sekali lagi, ketika Anda tidak berada di web, Anda tidak ada di sana (setidaknya di mata audiens Anda).

Jadi, bagaimana Anda menjalankan Jasa SEO untuk mendongkrak popularitas merek Anda atau bahkan… diri Anda sendiri?