Sebuah pertanyaan yang mungkin mengganggu para pelaku SEO pemula yang mulai belajar tentang pencarian online (yang terkait dengan Sejarah Web) adalah: Apa Sebenarnya Direktori Web itu? Dan mungkin lebih jauh: Mengapa Saya Harus Peduli Tentang Direktori Web? Jawaban singkatnya adalah web directory masih dapat meningkatkan situs web Anda yang masih baru dengan memberikan profil atau tautan dan memberi Anda kesempatan untuk mempromosikan diri Anda kepada khalayak yang lebih luas.

Jawaban panjangnya lebih rumit. Direktori pada masa sekarang telah menurun, bisa jadi berisi spam dan dengan Google Spider yang semakin canggih, kata kunci dan bahkan mungkin tautan bisa menjadi tidak bagus dimata google.

Jadi, sebuah website directory berfungsi seperti buku alamat yang memuat semua informasi mengenai website Anda dan yang terpenting adalah dapat memberikan tautan ke website Anda. Website directory yang terkenal dan sudah diketahui oleh masyarakat luas akan mempengaruhi meningkatnya popularitas website Anda serta merupakan nilai tambah bagi website Anda. Hal ini tentunya akan memberikan dampak positif bagi perusahaan Anda nantinya dan tentu saja website Anda akan makin dikenal.

Terdapat Jenis - Jenis Website Direktori yang lebih condong pada fitur pendaftaran dan penyusunan situs. Setidaknya ada delapan hal yang perlu diketahui, yaitu :

1. Free submission.

Direktori mengijinkan pemilik situs untuk mendaftar tanpa syarat pembayaran alias gratis. Meskipun tak perlu membayar, pendaftaran tergolong ketat dan di-review secara manual oleh admin atau editor.

2. Reciprocal link.

Situs baru boleh terpampang pada direktori sesudah sang pemilik situs memberi tautan balik menuju halaman utama dari direktori website. Konsep ini bisa dikatakan sebagai tukaran backlink.

3. No Reciprocal link.

Situs segera tertampang pada direktori tanpa perlu sang pemilik situs memberi tautan balik. Tentu saja lebih mirip free submission tanpa syarat pembayaran sepeserpun

4. Paid submission.

Pemilik situs harus membayar agar terpampang pada direktori website. Sifat pembayaran biasanya hanya sekali, namun ada juga berkali-kali secara tahunan.

5. No follow.

Link situs yang terpampang pada direktori website dibubuhi kode “nofollow” sehingga mesin pencari menganggapnya sebagai backlink tidak istimewa. Ini berdampak netral pada SEO dan SERP.

6. Featured listing.

Situs dan tautan yang terpampang pada direktori diberi posisi spesial dalam satu atau lebih kategori, bahkan bagian penting seperti halaman utama (homepage). Adapun nama lainnya adalah sponsored listing, jadi konsep ini lebih mirip iklan.

7. Bid for position.

Pemilik situs diperbolehkan tawar-menawar dengan admin atau editor direktori website untuk memperoleh posisi teratas pada suatu kategori. Tawaran tertinggi berhak memperoleh posisi puncak.

8. Affiliate links.

Pemilik direktori website berhak memperoleh komisi karena telah menyarankan netizen mengunjungi situs yang tertampang di kategori.