Tips dalam artikel ini akan membantu Anda mencapai dan meningkatkan visibilitas Anda di Google untuk penelusuran lokal, sehingga menarik lebih banyak pelanggan potensial ke bisnis Anda.

Bagaimana Meningkatkan Visibilitas Anda Artikel ini akan menjelaskan secara mendetail tentang langkah-langkah dasar untuk menjadi lebih terlihat di Google untuk pencarian yang relevan:

  • Buat Profil Google Bisnisku
  • Optimalkan Profil Google Bisnisku milik Anda
  • Jadikan situs web Anda dengan tampilan yang responsive untuk segala device
  • Terlisting dalam direktori online seperti situs nawadunia.com ini.
  • Gunakan kata kunci berbasis lokasi
  • Tambahkan tag lokasi ke posting media sosial
  • Gunakan hashtag berbasis lokasi
  • Jaga konsistensi alamat dan lokasi Anda di seluruh platform online
  • Publikasikan konten yang relevan
  • Dapatkan ulasan online

Bertahun-tahun yang lalu, ketika orang ingin menemukan produk, layanan, atau bisnis tertentu di daerah mereka, mereka akan membuka Yellow Pages. Saat ini, orang-orang telah membuang buku-buku itu dan beralih ke penelusuran online seperti Yelp, Bing, Angie’s List, tetapi yang paling umum adalah Google dan Google Maps.

Baik mereka mencari restoran, toko bunga, atau salon tato, konsumen ingin dapat dengan cepat menemukan apa yang mereka butuhkan, di sekitar. Google merevolusi penelusuran karena konsumen semakin bisa mendapatkan apa yang mereka telusuri langsung dari hasil pencarian, bahkan tanpa harus mengeklik ke situs web.

Karena itu, jika Anda ingin meningkatkan visibilitas online dan mendapatkan peringkat di Google, Anda perlu menyelaraskan situs web dan cantuman lokal Anda dengan cara Google. Istilah untuk ini adalah Local SEO. SEO lokal mengacu pada berbagai taktik yang akan membuat situs web dan listing bisnis Anda muncul untuk pencarian berbasis lokasi, dan juga dalam hasil lokal untuk pencarian yang lebih luas (seperti Google's Local Pack).

Situs Web Responsive 

Karena penggunaan internet seluler sekarang melampaui desktop, dan banyak penelusuran lokal dilakukan dari perangkat seluler (pikirkan, "makanan Cina di dekat saya") Google memberikan preferensi ke situs web yang ramah seluler. Namun, pengalaman pengguna merupakan faktor utama dalam peringkat. Jika pengguna harus mencubit dan memperbesar, menghadapi waktu muat yang lambat, atau tidak dapat dengan cepat menemukan informasi yang mereka cari, Google tidak akan mendukung Anda di hasil lokal. Pastikan pengalaman menemukan, mempelajari, dan menghubungi bisnis Anda berjalan mulus di seluler seperti di desktop. Idealnya, Anda harus memiliki situs web responsif yang menampilkan dan berfungsi secara konsisten di semua perangkat. Profil Google Bisnisku milik Anda juga menjadikan bisnis Anda dioptimalkan untuk lokal dan seluler.

Daftar Listing Direktori

Seperti disebutkan di atas, daftar direktori adalah komponen kunci dari SEO lokal dan meningkatkan visibilitas pencarian Anda. Cantuman adalah profil virtual bisnis Anda yang berisi detail penting seperti nama bisnis, nomor telepon, alamat, situs web, dan informasi terkait lainnya. Selain Google Bisnisku, Anda juga akan terdaftar di direktori utama lainnya seperti Yelp, Nawadunia.com dan Angie's List. Daftar ini akan membantu bisnis Anda muncul di direktori niche yang lebih kecil. Semakin banyak direktori bisnis Anda secara konsisten terdaftar di bawah, semakin banyak visibilitas yang Anda miliki secara online.