Connect with us

Ini 9 Bahaya Menonton Anime Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Film

Ini 9 Bahaya Menonton Anime Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

[Total: 1    Average: 5/5]

Nawadunia.com – Ada banyak macam hobi yang bisa kita lakukan di tengah waktu luang, salah satunya adalah menikmati bacaan seperti manga (komik Jepang) dan juga menonton anime bukan? Tujuan menonton anime memang utamanya adalah sebagai hiburan dan menghilangkan rasa bosan, hanya saja ada sejumlah orang yang menonton terlalu sering dan berlebihan hingga akhirnya berdampak pada kesehatan fisik serta mentalnya; lalu, apa bahaya menonton anime terlalu sering?

Memicu Obesitas

Hasil gambar untuk obesitas

Menonton anime berlebihan apalagi mengebut sampai ber season-season tentu kurang afdol kalau tidak sambil mengemil bukan? Hampir sama seperti akibat menonton TV terlalu lama atau bahaya kecanduan televisi, obesitas bisa terjadi karena menonton anime sambil terus-terusan mengemil walau efek seperti ini mungkin cukup jarang juga terjadi.

Kurang Gizi

Hasil gambar untuk kurang gizi

Selain obesitas karena mengemil terus-menerus sambil menonton anime, rupanya ada kemungkinan bahaya yang lain, yaitu kurang gizi dan terjadi penurunan berat badan drastis. Episode-episode anime yang terlalu seru dan tak ingin dilewatkan terkadang dapat membuat seseorang lupa makan atau bahkan malas hanya untuk sekadar mengemil.

Baca Juga : 9 Fakta Tentang Film G30S PKI yang Wajib Diketahui

Cepat Lelah

Hasil gambar untuk cepat lelah

Sejumlah orang penggemar tontonan anime yang sudah pada tahap berlebihan dapat menghabiskan hari dengan aktivitas menonton saja. Inilah yang menjadikan seseorang tersebut kurang mengurus diri, seperti misalnya malas makan atau malah kebanyakan makan, malas untuk mandi dan enggan melakukan aktivitas lainnya.

Menonton anime berlebihan saja dapat menjadikan tubuh atau fisik kita melemah sehingga untuk melakukan kegiatan lainnya pun akan terasa malas karena bergerak atau beraktivitas sedikit saja bisa menyebabkan cepat lelah. Jadi bagi Anda yang suka nonton anime secara estafet sehari penuh, hati-hati terhadap kondisi tubuh yang bisa saja justru makin menurun.

Menarik Diri

Hasil gambar untuk menarik diri

Saat sudah berada di depan tontonan anime favorit atau anime baru yang belum pernah ditonton, mungkin beberapa orang akan lupa diri, bahkan lebih memilih untuk menarik diri dari pergaulan di kehidupan nyata. Menonton anime dapat menjadi prioritas sehingga kehidupan sosial pun kurang diperhatikan dan bisa saja berujung pada anti sosial.

Sering Berimajinasi

Hasil gambar untuk sering berimajinasi

Kita tahu betul bahwa cerita anime adalah fiktif dan beberapa orang saat menonton apalagi ketika terlalu berlebihan bisa saja terbawa ke dalam cerita fiktif yang disuguhkan. Beberapa orang yang kita kerap sebut otaku karena sudah saking cintanya dengan anime dapat lebih sering berimajinasi semu dengan khayalan-khayalan seperti cerita yang ditonton di mana anime kemudian dianggap sebagai salah satu penyebab halusinasi para fans fanatiknya. Contoh imajinasi atau halusinasi yang dimaksud di sini adalah beraksi seperti pahlawan berkekuatan super.

Menghambat Sisi Bijak dan Dewasa

Hasil gambar untuk menghambat sisi bijak

Pikiran seseorang yang terlalu ketagihan dengan anime biasanya kurang bijaksana dan bahkan dianggap kurang dewasa. Tak semua penggemar tontonan anime demikian, namun hal ini dialami oleh beberapa fans berat anime, di mana contohnya saja lebih gampang mengalami stres dan kurang dapat mengatasi masalah yang dihadapi.

Ketergantungan

Hasil gambar untuk ketergantungan

Hobi menonton anime apalagi sudah sampai tahap berlebihan sampai lupa waktu dan dalam jangka lama rupanya adalah tanda bahwa seseorang sudah mengalami ketergantungan terhadap anime. Sayangnya, hal ini bukan lagi soal malas beraktivitas dan mengurus diri, namun juga mulai mengutamakan dan memuji-muji produk Jepang ketimbang produk lokal.

Terpengaruh Budaya Buruk

Hasil gambar untuk terpengaruh

Menonton drama Korea jelas kita akan disuguhi dengan pengetahuan-pengetahuan budaya mereka, begitu juga saat menonton anime, kita pun akan secara tak sadar sedang belajar tentang budaya Jepang. Budaya tak selalu baik bukan? Selalu ada sisi yang negatif dan sebagai penonton ‘akut’ kita bisa terpengaruh yang buruk.

Hidupnya Penuh dengan Drama

Hasil gambar untuk lebay

Selain terpengaruh budaya buruk dari menonton Anime, seseorang yang sering menonton ini hidupnya akan alay, dan juga terkadang banyak omong. Semua itu disebabkan oleh terlalu sering menonton drama yang ada di film anime tersebut


Apabila kurang waspada, budaya yang buruk akibat menonton anime pun bisa juga tak hanya kita dapat tapi justru menjadi doktrin dalam pikiran. Tak hanya dalam manga, anime pun adalah tontonan yang juga dapat menyuguhkan adegan semi porno sehingga hal ini berisiko menjadi pengaruh yang buruk.

Anime memang dapat menjadi hiburan yang menyenangkan karena tontonan dengan berbagai genre ini sangat mengasyikkan dan membuat lupa waktu. Hanya saja, waspadalah terhadap bahaya menonton anime berlebihan dan terlalu sering hingga Anda malas makan atau malah makan terlalu banyak, malas bergerak, malas beraktivitas, dan bahkan sampai terlalu sering berkhayal dan menutup diri.

Sumber : Hallosehat

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Film

To Top