Connect with us

Tak Hanya Enak Didengar, 9 Lagu Ini Punya Pesan Bernada Kritikan

Musik

Tak Hanya Enak Didengar, 9 Lagu Ini Punya Pesan Bernada Kritikan

[Total: 1    Average: 5/5]
Lagu dapat dikatakan sebagai bahasa universal, setiap orang dari semua kalangan bisa menikmati pesan yang disampaikan oleh penyanyinya. Tak terhitung genre lahir seiring dengan perkembangan musik setiap saat.Tentunya, setiap lagu tercipta dari pengalaman maupun emosi para musisi. Alhasil, beberapa lagu mempunyai lirik bernada kritikan atas isu sosial maupun politik yang tak lekang dimakan waktu.
Nah, berikut 9 lagu yang dijamin tak hanya enak di telinga tapi juga menyentuh sisi kemanusiaanmu melihat realita yang ada.

1. Bingung-Iksan Skuter

Ketika apa pun yang dilakukan selalu dianggap keliru oleh orang lain. Belum lagi cibiran dari orang dekat yang menhantui setiap usaha yang dilakukan. Pokoknya serba salah deh, gak ada benarnya di mata mereka yang selalu merasa paling benar sedunia.

2. Zona Nyaman-Fourtwnty

Dengarin bro, biar kamu gak berambisi mengejar kebahagiaan materi dan berani keluar dari zona nyaman. Lakukan apa yang kamu cintai dan cintai apa yang kau lakukan, gak usah terpengaruh oleh omongan orang lain yang berniat menjatuhkan.

3. Tak Selalu-Souljah

Tak selalu 
Yang berkilau itu indah 
Tlah terbukti di dirimu 
Pergi dan sakitiku 

Makanya pilih pasangan jangan pakai standar rupa dan harta, kebaikan hati itu hal utama.

4. Mafia Hukum – Navicula

Seharusnya begitu sih, siapa pun yang melanggar hukum tidak peduli siapa orangnya, harus dihukum dengan tegas sesuai aturan yang berlaku. Tapi nyatanya malah mereka yang berduit bisa dengan seenaknya membeli masa tahanan atau fasilitas sel yang mewah.

Baca Juga : 9 Konser Musik Terbesar Sepanjang Masa.

5. Sunset Di Tanah Anarki-Superman Is Dead

Sepertinya lagu ini merupakan pelampiasan rasa kecewa dan amarah band yang berdiri tahun 1995 ini, ketika melihat tanah air yang begitu indah dieksploitasi oleh mereka yang memiliki modal banyak.

Lirik yang paling ngena ketika mereka mengandaikan diri sebagai seorang malaikat, berani memotong sayapnya agar bisa bersama rakyat kecil merasakan bagaimana sengsara hidup dalam dominasi kapitalisme yang dibiarkan oleh negara.

Beberapa scena dalam music video yang didedikasikan untuk “Gerakan Melawan Lupa” ini pasti akan membuatmu bertanya-tanya seperti kebisuan pemerintah terhadap peristiwa hilangnya Munir dan kontroversi sejarah terkait pemberontakan PKI di masa lalu.

6. Manusia Setengah Dewa-Iwan Fals

Jika pemerintah hari ini melakukan segala pencitraan agar mendapat sanjungan dari rakyat, mending lakukan sesuatu yang lebih realistis dan konkrit yang pro kepada rakyat miskin dan lemah, dijamin namanya akan dikenang sepanjang masa sebagai orang yang berjasa bagi negeri ini.

7. Kepompong-Sind3ntosca

Siapa nih yang dulunya punya sahabat tapi sekarang musuhan gara-gara kesalahpahaman? Yuk, perbaiki hubungannya biar lengket lagi kayak dulu.

8. Hukum Rimba-Marjinal

maling maling kecil dihakimi
maling maling besar dilindungi

Beginilah potret penegakan hukum di negeri ini. Ironis sekali ya.

9. Bento-Iwan Fals

Menceritakan bagaimana gemerlapnya hidup oknum pejabat di negeri ini, apa pun yang diinginkan dapat didapatkan degan memaki segala segala cara, tak peduli halal atau haram, megorbankan orang lain atau tidak, yang penting tujuan tercapai.

Nah, lagu yang mana nih yang sering kau dengar? Jika kamu punya referensi lagu bernada kritikan, yuk share di kolom komentar.

sumber : https://www.idntimes.com/hype/entertainment/irvin-nofrianto-pabane/lagu-ini-punya-pesan-bernada-kritikan-c1c2/full

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Musik

To Top